Image1

Cara Membuat Ukuran Kertas F4 Permanen dan Otomatis 100% Work

Gokasima.com | Cara membuat ukuran kertas f4 di windows 10 | Halo sobat Kasima Grafika, semoga sehat selalu dan senantiasa diberikan keberkahan rizkinya. Amin Ya Rabbal Alamiin. Sobat! Pada postingan ini Kasima mau sharing cara membuat ukuran kertas f4 yang biasanya tidak ditemukan pada page setup baik itu di excel maupun di word. Padahal pengaturan ukuran kertas ini sangat penting karena menentukan area cetak pada kertas yang digunakan. Misalnya jika kita menggunakan kertas F4 sedangkan settingan kertas pada page setupnya itu A4 maka area yang tercetaknya hanya A4 sehingga masih ada ruang kertas yang kosong karena A4 itu hanya 29.7 cm, atau mungkin sobat pernah menggunakan ukuran kertas Legal yang ukurannya 35 x 21.5 cm sedangkan kertas yang digunakan F4 maka hasil cetakannya sudah dipastikan akan terpotong sebagian. Hal ini dikarenakan F4 itu ukurannya lebih pendek dari legal yaitu hanya 33 cm.


Dengan demikian agar hasil cetak sesuai dengan ukuran kertas F4 yang digunakan harus disetting terlebih dahulu yaitu dengan mengatur ukuran kertas menjadi 33 cm x 21.5 cm atau 330 mm x 215 mm.  Agar setting ukuran kertas f4 permanen bisa muncul di semua aplikasi seperti di word, excel dan yang lainnya cara settingnya jangan melalui aplikasi yang digunakan. Misal kita setting ukuran kertasnya di MS word dengan menggunakan custom size 33 x 21.5 cm, maka hasil ukuran F4 tidak permanen, setiap file baru harus disetting custom size. Cara ini pun tidak bisa dilakukan pada MS Excel karena tidak ada pilihan custom size sehingga tidak bisa disetting ukuran F4. Oleh karena itu setting ukuran kertas f4 di printernya jangan melalui aplikasi tertentu melainkan melalui control panel device and printer. 

Cara Menambahkan Ukuran Kertas F4 pada daftar paper size printer secara Permanen dan Otomatis Muncul di Semua Aplikasi

Tutorial cara membuat ukuran kertas f4 otomatis ini saya praktekkan pada printer epson L360, namun cara ini bisa digunakan untuk semua type atau seri printer epson seperti L3110 dan sebagainya. Bahkan langkah-langkah cara mensetting ukuran kertas f4 ini juga bisa digunakan untuk merk printer lainnya seperti canon, hp dan sebagainya. 

Pastikan Driver Printer sudah terinstal di Laptop atau PC 

Penting! Sebelum ke langkah-langkah cara setting ukuran kertas F4, harus dipastikan driver printer sudah diinstall dari software bukan bawaan windows karena setting ukuran kertas F4 tidak bisa menggunakan driver bawaan Windows. Biasanya untuk Windows 8 dan 10 driver printer sudah terpasang otomatis saat kita memasangkan printer. Meskipun sudah bisa mencetak, namun driver printer bawaan windows ini tidak lengkap sehingga perlu di install ulang. Silahkan drivernya download di sini sesuai dengan seri printer yang digunakan atau bisa cari di google dengan kata kunci driver printer epson lengkap dengan typenya dan windowsnya. Misal printer yang digunakan Epson L3110 Windows 10 64 maka kata kunci pencariannya adalah driver Epson L3110 Windows 10 64. Kemudian setelah berhasil didownload silahkan Install.

Cara Membuat Ukuran Kertas F4 pada Windows 10

Cara membuat ukuran kertas f4 pada windows 10 dan Windows 7 hanya berbeda pada langkah awal yaitu pada start dan posisi device printernya saja. Pada windows 7 lebih mudah karena posisinya pada device printer langsung. Oleh karena itu saya di sini lebih fokus pada cara membuat ukuran kertas f4 pada windows 10 karena langkah awalnya posisi device printer agak sulit ditemukan harus masuk pada menu setting, sementara di windows 7 dari start langsung ke device printer. 

Adapun langkah-langkah cara setting ukuran kertas f4 pada windows 10 adalah sebagai berikut :

1. Klik Start-Setting 




2. Pilih Device (Bloetott-Printer-Mouse)


3. Klik Driver Printer (Nama Printer yang Sudah di Install) Kemudian klik Manage


4. Di sebelah kiri layar pilih printer preference 


5. Klik Panah Bawah Pada Ukuran Dokumen


6. Cari ke bawah di Ukuran Dokumen Klik pada Ditentukan Pengguna atau Kalah Bahasa Inggris User Define

7.  Pada kolum ukuran kertas Ketik F4 tentukan satuan ukurannya mm (milimeter)-masukkan ukuran F4 lebar 215 mm dan tinggi 330 mm-klik simpan dan klik ok. Ikuti tanda panah dan urutan pada gambar di bawah ini.


8. Ucapkan Alhamdulillah,,karena proses setting ukuran kertas F4 di windows 10 sudah selesai. Setting kertas ukuran secara permanen dan hasilnya muncul pada daftar paper size di semua aplikasi baik itu ms word maupun excel. Untuk memastikannya silahkan buka kedua aplikasi tersebut kemudian setting page setup dan pilih ukuran kertasnya. Jika langkah-langkah di atas diikuti dengan benar., maka hasilnya muncul daftar paper size kertas F4 baik di excel maupun di word. Jika tidak ada silahkan ulangi langkah-langkahnya dengan teliti.

Demikian tutorial lengkap cara membuat ukuran kertas f4 otomatis bisa muncul di semua aplikasi baik di Word maupun Excel. Semoga bermanfaat. Jika ada hal yang sulit silahkan lebih jelasnya tonton video tutorial cara setting ukuran kertas F4 di Printer Epson di chanel Kasima Grafika.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Ukuran Kertas F4 Permanen dan Otomatis 100% Work"

Post a Comment