Home » » Cara Jitu Mengatasi Error Client UNBK Registrasi IP tidak Berhasil 100% Sukses

Cara Jitu Mengatasi Error Client UNBK Registrasi IP tidak Berhasil 100% Sukses

Jurus Ampuh Cara mengatasi registrasi ip 192.168.0.99 tidak berhasil silahkan ulangi kembali | Cara mengatasi error client UNBK registrasi ip tidak berhasil 100% sukses. Ujian Nasional Berbasis Komputer yang disingkat UNBK mesrupakan digitalisasi Ujian yang membutuhkan proktor dan teknisi yang betul-betul paham dengan teknik jaringan komputer.

Sebagaimana yang sudah dibahas pada tulisan sebelumnya mengenai Cara Mengatasi Berbagai Permasalahan Client UNBK yang mengulas berbagai masalah dalam pengelolaan jaringan Client UNBK dan cara mengatasinya. Pada tulisan kali ini fokus pada cara mengatasi registrasi ip tidak berhasil pada client UNBK saat menjalankan Exambro.

Kasus ini dimulai ketika menjalankan exambro dengan mengklik Run muncul tulisan registrasi ip 198.168.0.99 tidak berhasil, silahkan ulangi kembali. Angka 99 yang ditulis tebal pada ip addres di belakang adalah angka yang pasti harus beda pada setiap client, karena jika ada angka yang sama pastilah terjadi crash dan error jaringan.


Permasalan registrasi ip tidak berhasil ini dialami oleh saya sendiri ketika persiapan simulasi I UNBK. Setidaknya ada 3 notebook yang bermasalah cukup berat,, sudah berbagai cara dilakukan mengikuti arahan-arahan master blog seperi dari starlife-net.blogspot.commintoit.wordpress.com (unbk-error-registrasi-ip-tidak-berhasil/) dan lain-lain. Namun ke tiga notebook tersebut tidak pernah berhasil bisa digunakan client UNBK. Sampai akhirnya menyimpulkan bahwa notebook tidak bisa dipakai client UNBK karena layarnya kecil di bawah 11 Inch tidak sesuai dengan standar spesifikasi UNBK.

Namun kami pantang menyerah karena dipaksa oleh keadaan bahwa jika ketiga notebook tersebut tidak bisa digunakan berarti hatus mencari 3 laptop lainnya untuk memenuh jumlah peseta UNBK dengan pelaksanaan 2 sesi. Saya pun berjibaku mencoba dengan berbagai cara untuk menaklukan ke tiga notebook ini antara lain sebagai berikut :

1. Mengganti nomor IP Address kemudian direstart hasilnya tetap sama.
2. Mendisable dulu network kemudian enable network hasilnya tetap sama
3. Mendelete Network Lan kemudian restar, dan menginstalnya lagi hasilnya nihil
4. Memcoba dengan USB Lan Card (Lam Card External), setting IP Adress, klik run, hasilnya tetap ip adress tidak berhasil.
5. Mengganti atau mengupdate versi google chrome hasilnya tetap sama.

Ke lima cara tersebut hasilnya sama semua yaitu tetap hanya mendapat jawaban" Registrasi berhasil silahkan ulangi kembali". Karena itulah postingan ini diberi judul cara jitu mengatasi registrasi ip tidak berhasil, karena dengan jurus terakhir yang akan dibahas di bawah inilah permasalahan registrasi ip addres bisa teratasi dan notebook bisa dipakai menjadi client UNBK.

Jurus Terakhir Menaklukan Registrasi IP tidak berhasil

Saya berfikir kembali apa jangan-jangan memang betul notebook ini tidak bisa digunakan client UNBK, Namun untuk menghabiskan rasa penasaran saya masih ada cara terakhir yang belum dilakukan yaitu install windows dan memformatnya dari awal. Hal ini dilakukan dengan asumsi kemungkinan ada sistem windows yang tidak support terhadap network, atau ada sistem yang hilang karena virus.

Akhirnya saya cari-cari installer windows 8 dan saya  pun mencobanya disaat-saat siswa mengerjakan ujian. Install windows pun selesai, kemudian saya melengkapinya dengan aplikasi google chrome 64 bit dan aplikasi Exambrowser, Untuk mencobanya kita setting ulang IP Adress dan memastikan kabel lan benar-benar tersambung dengan server. Jalankan Exambro dan klik Ruan... Al-Hasil... alhamdulillahirobbil alamin informasi registrasi ip tidak berhasil tidak muncul dan muncul arahan ke google chrom, harap-harap cemas karena layar masih blank hitam dan... braay... login user muncul.. alhamdulillahirobbil a''lamin.

Kesimpulannya kalau masalah registrasi ip tidak berhasil dengan langkah-langkah sebelumnya, sebagai mana yang sudah diposting banyak orang, lakukan jurus terakhir yaitu install windows. dan format hardisk dari awal, lengkapi aplikasi pendukung UNBK, setting ulang ip adress dan coba jalankan exambro..

Mudah-mudahan jurus terakhir saya ini bisa juga menjadi jurus terakhir bagi sobat-sobat proktor sehingga masalah Registrasi IP tidak berhasil bisa teratasi dan notebook bisa digunakan untuk client UNBK.

Namun jika jurus terakhir ini tetap tidak mempan hal yang harus dilakukan adalah dengan mengganti notebook tersebut dengan laptop lain.

Semoga tutorial cara mengatasi registrasi ip tidak berhasil ini bermanfaat, dan memberikan solusi bagi suksesnya pelaksanaan UNBK.
Advertisement

loading...
Previous
« Prev Post

0 Komentar:

Post a Comment