Tips Menjaga Keutuhan Rumah Tangga di Era Medsos

Menjaga Keutuhan Rumah Tangga merupakan kewuajiban bagi suami isteri. Ikatan suci yang disatukan melalui akad nikah tidak boleh putus meskipun ditebas oleh tajamnya pedang. Bagi sebagian pasangan kehidupan rumah tangga terlihat dijalaninya dengan mudah dan penuh kebahagiaan. Namun sebagian lagi dterlihat dijalaninya dengan susah payah dan kesulitan. Padahal pada hakikatnya permasalahan dalam rumah tangga itu sama, yang membedakan adalah cara menyikapinya. Pasangan yang kelihatannya selalu bahagia, tidak berarti mereka tidak memiliki masalah atau kesulitan, melainkan mereka mampu menutupinya. atau bahkan mereka telah mampu melewatinya.

Pada prinsipnya permasalahan rumah tangga berputar pada kebutuhan ekonomi, biologis dan sosial. Permasalahan ekonomi kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan sandang, pangan dan papan. Kebutuhan biologis berkaitan dengan hubungan intim suami istri untuk menghasilkan keturunan. Sedangkan permasalahan sosial biasanya berkaitan langsung dengan pranata sosial  baik itu strata sosial, kehormatan, persaingan, gaya hidup dan lain-lain.

Permasalahan ekonomi seringkali menjadi pemicu terjadinya keretakan dalam rumah tangga. Perekenomian yang mapan dan serba kekurangan keduanya rentan memicu terjadinya keretakan. Perekonomian yang mapan kadang menjadi pemicu salah satu baik suami atau istri mencari kepuasan lain dengan menggunakan kemapanan tersebut. Misalnya pola hidup mewah, atau suami selingkuh, isteri selingkuh dll. Begitu juga kondisi rumah tangga yang mengalami serba kesusahan dalam hal ekonomi. 

Media sosial sudah merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari seperti halnya kehadiran orang-orang yang nyata di lingkungan kita sehari-hari. Sepertinya benar apa yang dikatakan Yasraf Amir Piliangan dalam bukunya "Sebuah Dunia yang dilipat" disebutkan bahwa kehidupan manusia di era teknolog diibaratkan sarang lebah, ruangan yang tersekat-sekat tetapi masih saling berhubungan.

1. Saling Percaya
2. Komunikasi
3. Saling Menasehati

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menjaga Keutuhan Rumah Tangga di Era Medsos"

Post a Comment