Home » » Cara Setting Server dan Client UNBK 2019 Jenjang SMP dan SMK

Cara Setting Server dan Client UNBK 2019 Jenjang SMP dan SMK

Cara setting Server UNBK 2019 | Cara setting Server UNBK 2019 | Setting Client UNBK 2019 | Tugas seorang proktor dan teknisi dalam penyelenggaraan UNBK adalah sebagai penanggungjawab terhadap kesiapan software dan hardware UNBK. Seorang proktor harus betul-betul memastikan apakah server terkoneksi dengan internet dan apakah server dan client secara sistem sudah terkoneksi dengan baik. Sedangkan teknisi bertanggungjawab terhadap apakah perangkat-perangkat keras dapat digunakan dengan baik. Perangkat keras ini meliputi PC/Laptop, Kabel Jaringan, Instalasi Listrik, dan lain-lain. Dalam prakteknya kedua-duanya berperan saling mengisi dan saling membantu dalam memecahkan permasalahan.


Proktor dan teknisi harus sudah mempersiapkan perangkat-perangkat UNBK jauh-jauh hari sebelum tanggal pelaksanaan UNBK. Tiga bulan menjelang jadwal UNBK para proktor dan teknisi sudah disibukkan dengan instalasi jaringan, instalasi software dan simulasi-simulasi. Simulasi ini penting karena untuk mengecek kesiapan sarana dan pra sarana apakah perangkat UNBK di sekolah tersebut sudah benar-benar bisa digunakan untuk melaksanakan UNBK.

Berikut adalah kesibukan-kesibukan yang harus dikerjakan oleh para proktor dan teknisi UNBK menghadapi Simulasi dan Jadwal UNBK :
1. Menyiapkan perangkat Server dan Client
2. Menginstal Server dan Client UNBK
3. Menjalankan Aplikasi CBT

Anggap saja untuk kesiapan perangkat server dan client sudah fixsasi sesuai dengan topologi jaringan dalam panduan UNBK. Server sudah terkoneksi LAN dengan semua client. Jadi pada tulisan ini tidak dibahas mengenai kesibukan instalasi perangkat baik server maupun client tetapi hanya akan membahas cara seting server UNBK 2019 untuk jenjang SMP dan SMK.

Adapun langkah-langkah setting server UNBK 2019 adalah sebagai berikut :
1. Siapkan aplikasi berikut :
    1.1. Virtual Box versi 5.2.24 download Virtual Box 5.2.24 di Sini
    1.2. Google Chrome Versi 64 download Google Chrome 64 bit di Sini
    1.3. ExambroCBTSync versi 50.18.12.23. Download ExambroCBTSync versi 50.18.12.23 di Sini
    1.4  ExambroClient versi 18.1223. Download ExambroClient versi 18.1223 di Sini

2. Penginstallan
    2.1. Install Virtualbox Cara Installnya Klik di Sini
    2.2. Install Google Chrome
    2.3. Install Exambro CBTSync dan Simpan di Desktop
    2.4. Install ExambroClient dan Simpan di Desktop

3. Penyettingan
    3.1. Setting Virtual Box

    3.2. Setting AxambroCBTSync

4. Menjalankan Aplikasi

Advertisement

loading...
Previous
« Prev Post

0 Komentar:

Post a Comment