Image1

Cara Mengatasi Gagal Upload Nilai Harian dan PAS Raport Digital Madrasah

Cara mengatasi Gagal Upload Nilai Pada RDM (Raport Digital Madrasah). Assalamu'alaikum Wr.wb. Halo sobat-sobat guru di mana pun berada, akhir tahun 2021 ini tentunya semuanya sedang sibuk berjibaku mengerjakan nilai raport peserta didik. Khusus untuk sekoalh atau Madrasah yang berada di bawah naungan kementrian Agama seperti MI, MT, MA dll untuk tahun pelajaran 2021/2022 ini sebagian ada yang menggunakan RDM/Raport Digital Madrasah dan sebagian lagi ada yang masih menggunakan aplikasi Excel.


Hampir setiap tahun pelajaran Aplikasi Raport yang digunakan selalu berganti-ganti seperti sebelum RDM ini lahir sebagian sekolah menggunakan  ARD (Aplikasi Raport Digital) yang sem online dan offline, JIka dibandingkan ARD dengan RDM dari segi teknis sistem jaringan tentunya lebih baik RDM karena sudah berbasis online, Guru bisa mengerjakan raportnya di rumah masing-masing atau di manapun berada.

Namun dari segi teknis pengerjaan masih lebih baik ARD, karena format template excel yang digunakan lebih simple, Misal format Nilai harian pada ARD sangat simple 1 sheet bisa sekaligus mengisi banyak nilai harian berikut KD/ Materi Nilai Pengetahuan dan Kerterampilan. Sedangkan pada RDM format nilai harian terdiri dari beberapa sheet sehingga guru harus pindah-pindah sheet untuk mengisinya. Jadi dari segi format template excel masih simple format ARD dibanding dengan RDM

Permasalahan yang muncul dalaam mengisi RDM ini di antaranya adalah gagal upload nilai harian dan PAS dikarenakan ada format template excel yang seharusnya otomatis dibuat manual sehingga banyak guru yang tidak mengisinya. Akhirnya saat upload template excel nilai Harian dan Pas hasilnya Nol dan hasilnya masih kosong.

Adapun cara mengatasi hasil upload nilai harian yang tetap Nol adalah dengan mengecek kembali template excel nilai harian dan mengisi pilihan PH1 dan setetusnya di bagian kolom atas yaitu depan kolom nama  disesuaikan dengan nama sheet.. misalkan sheet1 namanya PH1 maka bagian kolom atas diberi judul namanya PH1, sheetnya namanya PH2 diisi PH2 dan seterusnya,


Begitu juga untuk template nilai PAS ada kolom yang harus di isi dengan memilih PAS1 di bagian atas. 
Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video tutorial cara mengatasi gagal upload nilai Harian dan PAS Raport Digital Madrasah..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Gagal Upload Nilai Harian dan PAS Raport Digital Madrasah"

Post a Comment