Image1

Cara Menentukan Ukuran Spanduk untuk Warung Jualan atau Toko

Gokasima.com | Hallo Sobat Kasima Grafika Digital Printing semoga semua sehat selalu yah.. dan semoga diberikan limpahan rizki yang banyak. Amiin ya rabbal Alamin.  Sobat semuanya pada postingan ini saya ingin sharing cara menentukan ukuran spanduk untuk warung atau toko. Judul postingan cara menentukan ukuran spanduk ini berdasarkan pada pesanan spanduk yang masuk dan ternyata masih banyak orang yang mau buat spanduk tapi masih bingung ukurannya. Banyak chat yang lucu-lucu saat ditanya mau buat ukuran berapa? Seperti minta ukuran spanduk orang dewasa, ukuran kulkas, pintu dan lain-lain dan yang paling sering mengirim kan photo di WA menanyakan itu ukuran berapa? Nah jawabnya bingung kan.. layar HP kan kecil... he he.. dikira-kira juga pasti belum tentu benar. 


Selain itu juga tidak sedikit yang belum paham istilah dalam ukuran centimeter dan meter, masih ada yang menanyakan ukuran 100 cm x  100 cm itu berapa meter yah? atau 200 x 100 itu ukuran berapa yah.. ? Terpaksa saya jawab dengan rumus matematika bahwa dari cm ke m itu di bagi 100. Jadi ukuran 100 x 100 cm itu sama dengan 1 x 1 m. 

Ternyata masih banyak orang yang belum paham ukuran .. ukuran itu pasti tidak bisa dikira-kira dan alatnya pun pakai alat ukur yang disebut meteran. Adapun kalau dikira-kira tentu berdasarkan perkiraan yang real misal melihat tempatnya langsung atau objek langsung tidak bisa melihat gambar di HP.  Oleh karena itu saya merasa perlu untuk memberikan tips bagaimana cara menentukan ukuran spanduk untuk warung atau Toko. Namun sebelum ke pembahasan cara mengukur dan menentukan ukuran spanduk, saya ingin membahas sedikit mengapa dalam pembuatan spanduk ukuran itu penting dan harus ditentukan terlebih dahulu.

Mengapa Ukuran dalam Pembuatan Spanduk itu Penting dan Harus ditentukan Terlebih dahulu?

Setiap pesan masuk yang mau order spanduk/banner/stiker dan lain-lain, hal yang palin pertama ditanyakan adalah ukuran. Ukuran berapa yah? jawabannya macem-macem ada yang menyebutkan tidak tahu mas. kira-kira berapa yah? nah pertianyaan seperti ini yang sering membingungkan.. atau ada yang  hanya menyebutkan panjangnya saja.. misalkan 2 m. Saya suka tanya lagi 2 x berapa yah lebarnya karena ukuran spanduk itu panjang x lebar. Mengapa saya selalu menanyakan ukurannya dulu? jawabannya adalah :
  1. Ukuran menentukan kesesuaian antara spanduk yang dibuat dengan tempat pemasangan, Karena kalau tidak ditentukan atau dikira-kira.. pas sudah jadi dan dipasang spanduknya.. ternyata kekecilan atau kegedean yang akhirnya tidak dipasang, atau dipasang tapi malah jadi kurang pantas. Misal karena kegedean malah menutup semua isi warung dll. Jadi sebelum pesan spanduk wajib mengukur terlebih dahulu tempat di mana spanduk itu akan dipasang. Banyak kasus yang bingung ukurannya dan dikira-kira akhirnya dia bilang iya mas kekecilan.. mas spanduknya kegedean ga dipasang... nah.. kan.. Apalagi misal spanduknya mau dipasang digerobak jualan.. nah kalau dikira-kira malah nantinya ga dipakai karena kegedean. 
  2. Ukuran menentukan harga. Biaya atau harga spanduk ditentukan oleh ukuran panjang x lebar. Misal : Harga spanduk di Kasima Grafika Per Meter Persegi Rp/. 30. 000 per meter, maka jika mau buat ukuran spanduk ukuran 2 z 1 m, cara hitungnya adalah 2 x 1 x 30.000 =60 rb. Mau buat ukuran 3 x 2 m, maka cara hitungnya 3 x 2 x 30 rb... dan seterusnya.
  3. Ukuran juga menentukan proses desain, kalau misalnya ukurannya tidak jelas dan dikira-kira . saat sudah jadi, ukurannya berubah maka ini harus didesain ulang. Jika ukuran diubah maka posisi desainnya jga harus diubah disesuaikan kembali mengikuti ukuran. tidak cukup sebatas ganti ukuran, Misal pada awalnya pesan ukuran 100 x 100 cm, setelah jadi desainnya.. dia chat mas ukurannya diubah yah yang itu kelihatannya kekecilan, jadinya 200 x 100 cm... nah kalau sudah begini lama lagi proses desainnya.
Oleh karena itu berdasarkan urain di atas maka bagi siapa saja yang mau membuat banner, spanduk, stiker dan lain-lain di percetakan manapun terutama di Kasima Grafika maka silahkan ditentukan sendiri ukurannya berdasarkan tempat pemasangannya. Percetakan tugasnya hanya mendesain dan mencetak.

Cara Menentukan Ukuran Spanduk yang Tepat

Adapun jika bingung menentukan ukuran spanduk yang akan dibuat maka hal-hal berikut bisa sobat lakukan.
  1. Gunakan Alat Ukur misal meteran, penggaris dll. Silahkan ukur tempat pemasangan spanduk dengan meteran  berapa ukuran panjang dan lebarnya. Jika mau dipasang depan warung maka ukur panjang x lebar/tinggi warung. Untuk mengukur panjang itu mudah tinggal ukur panjang halaman warung, namun untuk mengukur tinggi mungkin agak sulit, namun yang terpenting ukurlah tingginya sesuai kebutuhan jangan sampai menutupi isi warung. 

  2. Menggunakan Tali Rapia. Ternyata tidak semua orang memiliki alat ukur seperti meteran/penggaris di rumahnya, oleh karena itu tali rapia bisa dijadikan alternatif untuk mengukur panjang x lebarnya tempat pasang spanduk. Caranya yaitu dibentangkan dari ujung ke ujung dan ditandai panjang x lebarnya bisa dengan diikat atau lainnya.. Setelah itu bawa ke peecetakan, atau jika pesan online tali rapia tadi bawa ke rumah kemudian bentangkan dilantai. Hitunglah berapa ubin tali rapia tersebut. Biasanya ubin sudah memiliki ukuran tertentu.. misal 1 ubin ukurannya 30 cm, jika panjang tali rapia itu ada 5 ubin berarti 30 cm x 5 ubin =150 cm begitu juga untuk tingginya. 

  3. Menggunakan Ubin Lantai Warung atau Toko/Rumah. Jika didepannya terdapat ubin maka hitunglah berapa ubin untuk panjangnya dan tinginya. 
Itulah cara mengukur atau menentukan ukuran spanduk dam hal yang perlu diingat bahwa mengukur itu tidak bisa menggunakan ilmu terawangan harus diukur sendiri oleh pemilik warung/toko, agar terhindar dari hasil yang kekecilan atau kegedean yang berakhir dengan kekecewaan/

Demikian cara menentukan ukuran spanduk untuk warung atau toko atau yang lainnya, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menentukan Ukuran Spanduk untuk Warung Jualan atau Toko"

Post a Comment