Image1

Cara Fotocopy KTP Bolak Balik di Printer Epson L3110 Teknik Scan Print d...

Hallo sobat Kasima Grafika Digital Printing! Semoga semuanya dalam keadaan sehat yah... banyak rizkinya dan berkah.. amin... Sobat! Pada kesempatan ini saya mau sharing atau berbagi cara fotocopy KTP bolak balik dengan menggunakan printer Epson L3110. Tutorial ini dibuat dari hasil uji coba di rumah saat saya mencoba buka layanan photo copy dengan menggunakan printer. Jujur saja sebenarnya kurang pas jika mau buka usaha photo copy dengan modal printer karena pastinya prosesnya kurang maksimal karena memang printer fungsi standarnya adalah alat cetak (print saja) adapun copy scan hanya tambahan saja dan kemampuanya terbatas.


Namun tidak salah juga jika kita mau buka usaha photo copy kecil-kecilan atau sampingan dengan menggunakan printer dengan pertimbangan lingkupnya kecil dan layanannnya terbatas. Misal konsumen kita hanya 1 kampung, karena pastinya jarang-jarang yang photo copy kecuali sedang musim kelengkapan bantuan seperti photo copy KK dan KTP.

Layanan photo copy dengan menggunakan printer juga terbatas, kita hanya bisa melayani photo copy yang jumlahnya sedikit, misal hanya KK dan KTP saja, karena kalau kita menerima order photo copy buku atau lainnya yang jumlahnya banyak pastinya banyak mengalami kesulitan, dan untungnya pun sedikit. 

Oleh karena itu saya sarankan layanan photo copy dengan printer itu hanya sampingan saja dari layanan lain seperti cetak photo dan print. Jangan dijadikan yang utama karena pastinya tidak akan maksimal. Jika layanan photo copy mau dijadikan layanan utama yah beli lah mesin photo copy yang ideal seperti canon IR5000 yang sudah terbukti kuat dan handal. Namun pastikan konsumennya mendukung atau tidak, karena harga mesin ini lumayan mahal di atas 30 jt an.

Perbedaan photo copy dengan printer dan mesin photo copy terdapat pada menu cara photo copy. Pada printer tidak ada menu untuk duplikat objek atau menu jumlah copy, karena memang printer hanya bisa digunakan pada jumlah terbatas. Makanya kalau mau photo copy banyak kita mesti sering menekan tombol copy... misal jika 100 lembar copynya maka yah 100 x tekan tombolnya, pastinya kerepotan. Belum lagi 1 lembar itu prosesnya lama jika sistem copy.

Berbeda halnya dengan mesin photo copy yang menunya lengkap, mau model duplikat, bolak-balik, copy banyak sekaligus pastinya sangat mudah.. cukup 1 atau 2 x klik langsung jadi.

Nah bagi sobat yang sudah buka layanan sampingan photo copy dengan menggunakan printer, saya akan berbagi tutorial cara fotocopy ktp bolak balik di printer epson l3110,. Cara ini menurut saya jika sudah terbiasa terasa paling mudah dibanding dengan cara-cara yang lain. 

Sebaiknya jika mau photo copy dalam jumlah banyak dengan menggunakan printer jangan menggunakan copy langsung, melainkan dengan sistem scan dan print. Cara ini lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan dengan menekan tombol. Jika menekan tombol prosesnya lambat.. apalagi banyak. Namun jika dengan scan... proses scannya saja pertama yang agak lambat.  proses printnya lebih cepat dibanding dari copy print.

Misal kita mau photo copy KTP 10 buah KTP dalam 1 lembar, kita cuman scan 1 x saja, selanjutnya kita setting di corel untuk duplikat kemudian print. Untuk bagian belakang kita harus setting sama persis jaraknya dengan bagian depan, jadi saat di print bolak-balik posisinya pas simetris, Sehingga saat dipotong hasilnya pas tidak ada yang terpotong.

Tutorial cara fotocopy ktp bolak balik di printer selengkapnya silahkan ikuti tutorial pada video klik di sini atau di bawah ini jangan lupa like dan subcribe.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Fotocopy KTP Bolak Balik di Printer Epson L3110 Teknik Scan Print d..."

Post a Comment