Image1

Pengertian Social Distancing dalam Pencegahan Virus Corona

Gokasima.com | Apa yang dimaksud social distancing? Sobat Kasima Grafika, karena menjangkitnya Wabah Corona, maka kami pengelola blog ini merasa perlu share yang sifatnya edukasi tentang virus corona. Termasuk memberikan gambaran tentang apa itu social distancing dalam penanganan wabah virus corona.


Social distancing adalah istilah yang diterapkan untuk serangkaian tindakan pengendalian infeksi nonfarmasi yang dimaksudkan untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular. Tujuan dari jarak sosial adalah untuk mengurangi kemungkinan kontak antara orang yang membawa infeksi, dan orang lain yang tidak terinfeksi, sehingga dapat meminimalkan penularan penyakit, morbiditas dan pada akhirnya, kematian.

Social Distancing paling efektif ketika infeksi dapat ditularkan melalui kontak droplet/tetesan (batuk atau bersin); kontak fisik langsung, termasuk kontak seksual; kontak fisik tidak langsung (misal dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi seperti fomite); atau transmisi melalui udara (jika mikroorganisme dapat bertahan hidup di udara untuk waktu yang lama).

Social distancing mungkin kurang efektif dalam kasus di mana infeksi ditularkan terutama melalui air atau makanan yang terkontaminasi atau oleh vektor seperti nyamuk atau serangga lain, dan lebih jarang dari orang ke orang. Kelemahan dari Social distancing dapat berupa kesepian, berkurangnya produktivitas, dan hilangnya manfaat lain yang terkait dengan interaksi manusia.

Beberapa contoh Social Distancing yang digunakan untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular meliputi: rujukan medis
  • Penutupan sekolah (proaktif atau reaktif) 
  • Penutupan tempat kerja, [10] termasuk penutupan terkait bisnis dan layanan sosial yang tidak mempertahankan fungsi utama dalam masyarakat
  • Isolasi
  • karantina
  • cordon sanitaire
  • sekuestrasi pelindung
  • pembatalan pertemuan massal seperti acara olahraga, film, atau pertunjukan musik 
  • mematikan atau membatasi angkutan massal
  • penutupan fasilitas rekreasi (kolam renang komunitas, klub pemuda, gimnasium)  
  • Tindakan "melindungi diri" untuk individu termasuk membatasi kontak tatap muka, melakukan bisnis melalui telepon atau online, menghindari tempat-tempat umum dan mengurangi perjalanan yang tidak perlu
  • Siku benjolan" (dan bukannya jabat tangan untuk salam) dan "Dracula bersin"

Apa langkah-langkah untuk Social Distancing?

Langkah-langkah jarak sosial diambil untuk membatasi kapan dan di mana orang dapat berkumpul untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular. Langkah-langkah jarak sosial meliputi membatasi sekelompok besar orang yang datang bersama, menutup bangunan dan membatalkan acara.

Mengapa langkah-langkah Social Distancing digunakan?

Saat ini, langkah-langkah social distancing disarankan sebagai cara untuk memperlambat penyebaran pandemic influensa. Para ahli kesehatan telah melihat pandemi sebelumnya dan menemukan bahwa selama pandemi 1957-58, itu penyebaran penyakit ini melalui pertemuan publik seperti konferensi dan festival. Dan selama pandemi ini, tingkat serangan tertinggi terlihat pada anak-anak sekolah, karena kontak dekat mereka dalam lingkungan yang ramai. Pakar kesehatan percaya bahwa menghindari kerumunan orang akan menjadi penting dalam memperlambat penyebaran influenza pandemi.

Karena pandemi tidak bisa dihentikan begitu pandemi terjadi dimulai, dan karena ahli kesehatan tidak tahu caranya banyak peringatan akan ada, setelah pandemi influenza ditemukan di daerah kami, langkah-langkah social distancing akan diterapkan sejak dini untuk memperlambat penyebaran penyakit. Beberapa contoh langkah social distancing itu akan dilakukan selama pandemi meliputi:
  • perguruan tinggi negeri dan swasta menangguhkan kelas, dengan beralih ke pembelajaran berbasis daring, begitu pula dengan semua rapat dan pertemuan-pertemuan yang melibatkan masa banyak.
  • Perpustakaan umum dan pribadi memodifikasi pengoperasiannya dan membatasi orang dari berkumpul.
  • Bisnis mengubah praktik perusahaan, pengaturan rencana shift yang fleksibel, memiliki karyawan telecommute dan membatalkan semua rapat besar atau konferensi.
  • Langkah-langkah social distancing lainnya yang akan digunakan selama pandemi termasuk penutupan semua publik dan sekolah dan fasilitas K-12 swasta, menutup semua penitipan anak pusat, pusat komunitas, mal dan teater, seperti serta menangguhkan layanan di semua rumah ibadah.
  • Selain itu, selama pandemi semua indoor dan acara di luar ruangan yang menarik banyak orang akan dibatalkan. Acara ini termasuk acara olahraga, konser, parade, dan festival. Sistem angkutan massal juga dapat ditutup sementara atau hanya digunakan untuk perjalanan penting.

Apa tindakan kesehatan masyarakat lainnya untuk membantu membatasi penyebaran penyakit?

Tindakan kesehatan masyarakat lain yang digunakan untuk membatasi penyebaran penyakit menular termasuk isolasi dan karantina. Isolasi digunakan ketika seseorang sakit dan memiliki infeksi menular. Orang yang sakit itu dipisahkan dari orang yang tidak sakit. Orang yang terisolasi mungkin dirawat di rumah sakit, lainnya fasilitas kesehatan dan di rumah mereka sendiri. Di sebagian besar kasus isolasi bersifat sukarela, tetapi federal, negara bagian dan local pejabat kesehatan memiliki kekuatan untuk meminta isolasi orang sakit untuk melindungi kesehatan masyarakat umum.

Ketika seseorang ditempatkan di karantina, mereka juga terpisah dari yang lain. Meskipun orang itu tidak sakit pada saat ini, mereka terkena menular penyakit, mungkin masih menjadi infeksi dan kemudian menyebar penyakit kepada orang lain. Tindakan karantina lainnya termasuknmembatasi perjalanan mereka yang telah terpapar penyakit menular, dan pembatasan pada orang yang dating atau pergi ke area tertentu. Negara memiliki kekuatan untuk menegakkan karantina di dalam perbatasan mereka.

Baik isolasi dan karantina dapat digunakan oleh kesehatan pejabat selama pandemi influenza untuk membantu memperlambat penyebaran penyakit.

Apa yang dapat saya lakukan?

Meskipun mungkin terlihat sederhana, berlatihlah yang baik kebiasaan kebersihan seperti mencuci tangan dan menutupi batuk Anda akan membantu menghentikan atau memperlambatnya penyebaran banyak penyakit.

Selama pandemi, penting untuk dipahami apa yang mungkin diminta atau diminta untuk dilakukan. Boleh jadi penting untuk mengikuti setiap jarak sosial Kesehatan Masyarakat instruksi atau instruksi lain atau perintah itu dapat diberikan. Jadi tolong tetap terinformasi dan rencanakan ke depan.
Situs Web yang tercantum di bawah ini dapat membantu Anda mempersiapkan diri keadaan darurat kesehatan masyarakat, termasuk kemungkinannya pandemi influenza.

Daftar Pustaka

  1. Johnson, Carolyn Y.; Sun, Lena; Freedman, Andrew (2020-03-10). "Social distancing could buy U.S. valuable time against coronavirus". Washington Post. Retrieved 2020-03-11.
  2.  Pandemic Planning - Social Distancing Fact Sheet
  3. Information about Social Distancing," Santa Clara Public Health Department.
  4. Interim Pre-Pandemic Planning Guidance: Community Strategy for Pandemic Influenza Mitigation in the United States—Early, Targeted, Layered Use of Nonpharmaceutical Interventions," CDC, Feb 2007
  5. Charles Léon Souvay, "Leprosy," Catholic Encyclopedia (1913), Volume 9.
  6. Kathy Kinlaw, Robert Levine, "Ethical Guidelines on Pandemic Influenza," CDC, December 2006
  7. Pueyo, Tomas (2020-03-12). "Coronavirus: Why You Must Act Now". Medium. Retrieved 2020-03-12.
  8. Cauchemez S, Ferguson NM, Wachtel C, Tegnell A, Saour G, Duncan B, Nicoll A (2009). "Closure of schools during an influenza pandemic". The Lancet Infectious Diseases. 9 (8): 473–481. doi:10.1016/s1473-3099(09)70176-8. PMID 19628172.
  9.  Kumar S, Crouse Quinn S, Kim KH, Daniel LH, Freimuth VS (2012). "The Impact of Workplace Policies and Other Social Factors on Self-Reported Influenza-Like Illness Incidence During the 2009 H1N1 Pandemic". American Journal of Public Health. 102 (1): 134–140. doi:10.2105/AJPH.2011.300307. PMC 3490553. PMID 22095353.
  10. Social Distancing Support Guidelines," Colorado Dept. of Public Health and Environment, March 2008.
  11. R. Booy and J. Ward, "Evidence compendium and advice on social distancing and other related measures for response to an influenza pandemic," National Centre for Immunisation Research and Surveillance.
  12. "Flu Pandemic Mitigation - Social Distancing"
  13.  Glass RJ, Glass LM, Beyeler WE, Min HJ. "Targeted Social Distancing Designs for Pandemic Influenza." Emerg Infect Dis.2006;12(11):1671-1681. https://dx.doi.org/10.3201/eid1211.060255
  14. Social Distancing Guidelines (for workplace communicable disease outbreaks)"
  15. Guidance on Preparing Workplaces for an Influenza Pandemic," OSHA 3327-02N 2007
  16. Santa Clara County (Situs Web Departemen Kesehatan Umum (www.sccphd.org)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Social Distancing dalam Pencegahan Virus Corona"

Post a Comment