Image1

Puasa Arofah 1438 H


Shaum Arofah


Ada banyak ibadah sunnah di bulan Dzulhijjah bagi kita yang tidak melaksanakan haji.

Namun yang paling agung adalah puasa Arafah. Maka hendaknya kita mempersiapkan dan mengajak semua anggota keluarga untuk bersama-sama melaksanakan puasa sunnah pada hari Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Ini adalah hari yang sangat mulia, saat dimana turun pengampunan dosa dan pembebasan diri dari siksa neraka.

Pada hari tersebut disyari’atkan amalan yang utama yaitu puasa sunnah bagi yang tidak berhaji.

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu”. HR. Muslim no. 1162.

Imam Nawawi dalam Al Majmu’(6: 428) menyatakan bahwa hukum puasa Arafah adalah sunnah bagi yang tidak berwukuf di Arafah. Sedangkan orang yang tengah berhaji tidak disunnahkan untuk melaksanakan puasa Arafah, sebagaimana keterangan riwayat berikut:

“Dari Maimunah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa orang-orang saling berdebat apakah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa pada hari Arafah. Lalu Maimunah mengirimkan pada beliau satu wadah (berisi susu) dan beliau dalam keadaan berdiri (wukuf), lantas beliau minum dan orang-orang pun menyaksikannya.”  HR. Bukhari no. 1989 dan Muslim no. 1124.

Di antara fadilah puasa Arafah adalah menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. 

Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan, “Jika bukan dosa kecil yang diampuni, moga dosa besar yang diperingan. Jika tidak, moga ditinggikan derajat” (Syarh Shahih Muslim, 8: 51).

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah menjelaskan, dosa yang diampuni dari puasa Arafah ini bukan hanya dosa kecil, termasuk dosa besar juga bisa terampuni karena hadits di atas sifatnya umum (Lihat Majmu’ Al Fatawa, 7: 498-500).

Adapun waktunya, menurut perhitungan kalender hisab PP Muhammadiyah, 1 Dzulhijjah 1438 jatuh pada hari Rabu 23 Agustus 2017, maka hari raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1438 jatuh pada hari Jumat 1 September 2017, dan hari Arafah 9 Zulhijjah bertepatan dengan hari Kamis 31 Agustus 2017. 

Jangan lewatkan ibadah sunnah yang satu ini.
Silahkan baca : http://keluarga.or.id/mempersiapkan-keluarga-menyambut-iedul-adha/

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Puasa Arofah 1438 H"