Image1

Inilah Perbedaan Istilah Spanduk, Banner dan Baliho Yang Peru Anda Tahu

Gokasima.com | Perbedaan Banner dan Spanduk | Istilah Banner, Spanduk dan Baliho dalam dunia digital printing merupakan istilah yang masih ambigu dalam definisinya. Orang percetakan juga memiliki pengerian yang variatif terhadap ketiga istilah tersebut. Begitu juga konsumen percetakan terkadang memiliki pengertian sendiri yang terkadang kontroversi dengan pengertian orang percetakan yang terkadang menimbulkan salah paham (kontrasepsi), ops s alah yah.. bukan kontrasepsi, maksud saya kontra persepsi.

Saya juga masih bingung apa sih bedanya istilah spanduk dan banner atau baliho? apa itu spanduk, apa itu banner, dan apa itu baliho. Nah karena itu saya coba posting di facebook Group Belajar Percetakan "menurut para master, pemahaman yang tepat bedanya spanduk, banner, baliho itu apa? (diposting pada tanggal 2 November 2020 pukul 19.56)


Postingan tersebut mendapat 46 komentar dan Inilah rangkuman  jawaban perbedaan istilah spanduk, banner dan baliho Versi Group Belajar Percetakan sebagai berikut :

 

Spanduk itu media iklan dari bahan (smisal pecel ayam)
Banner itu media iklan ber'bahan sejenis plastik /terpal
Baliho (Banner ukuran besar)
Maaf klo salah  
Rata rata sih salah nyebut, mintanya spanduk 
padahal bahanyya yg seperti terpal


 

Awam biasanya spanduk "panjang rebah", banner "panjang berdiri", baliho "pendek besar bisa rebah bisa berdiri".Spanduk, Banner, Baliho, bisa dari tinta/bahan apapun (tinta air/minyak, bahan kertas/plastik/sintetis), sama kaya sablon, asal jangan bahan es batu.





 

Setahuku baliho itu media promosi yg seukuran meja tenis tapi ada juga yg seukuran lapanganbadminton. Spanduk  itu biasa dari bahan kain..


 

klo sepanduk mostly bahan pakai kain klau banner palstik.. klo baliho bahannya dari kue tar..


 

Tetep aja. konsumen awam mnyebutnya banner. Hehe


Samo be klu di kampung saya


Biasanya sih sama aja, tinggal kegunaannya untuk apa. Bahan yg sering digunakan biasanya yg Murmer itu Flexy China, kalau yg agak mahal Flexy Korea.


Kalau standar di percetakan sya Kasima Grafika spanduk memanjang misal 2 x1, 3 x 1 dst kalau baliho pisisinya berdiri ukuran simetris misal 2 x 1.5, 3 x ,2, kalau banner ukuran kecil berdiri misal 1.6 x 0.6, 80 x 60 dst .


Banner memanjang misal ukuran 2 kali 8 meter, spanduk itu yg bentuk nya simetris contoh 3 x 4 meter, atau persegi contoh 4 x 4 meter, kalau baliho tuch..., Besaaaaaaaaaaaaaaaaarrrrrrr......


Spanduk dibentangkan, Banner dikibarkan, Baliho didirikan


ga usah bingung, ga perlu di pusingkan, bilang aja bahan nya sama, tinggal mau cetaknya ukuran brp sesuai kan ukuran tempat pasang, beres, wkwkwk.


Tinggal tanya ukuran brp, mau pasang dimna...



 

Spanduk+Banner itu sama tp beda bahasa, klo Baliho itu spanduk/banner yg berlebih ukurannya (besar/luas)


Bahasa awam di Desa saya.. Spanduk: bentuknya panjang horizontal ukuran rata2 L.100-160cm x P.300-600m
Banner : bentuknya tegak vertikal Rata2 ukuran L.60-80cm x P.160-180cm
Baliho : Bentuknya sedikit petak dengan ukuran jumbo rata rata 3x4m
Billboard : Bentuk panjang dan lebar Rata2nya UK 3-5m x 8-10m,  
Itu di desa saya untuk bahan MMT..


Tergantung isi gan. spanduk biasanya berisi selogan atau berita atau pengumuman yg perlu diketahui umum.
Banner biasanya berisi promosi.  baliho sebenernya masuk ke banner juga cuma istilahnya banner itu baliho yg disederhanakan. 
kalo ada informasi yg kurang atau masih bingung saran si bisa cek google om.


Yg bener baligho bukan baliho


 

Sama2 flexy cina, Kalo orang awam bilang spanduk, Kalo orang pinter bilang banner, Kalo orang lapangan bilang baliho, Kalo orang tua bilangnya gambar


 

Saiful Falah bang bisa pesan spanduk yang ada GAMBAR untuk di jadikan BALIHO


 

Sepanduk = bahasa indonesia, Banner = bahasa inggris, baliho = papan iklan besar


Spanduk = biasanya digantung atau ditempel di dinding, bentuknya secara umum memanjanh ke samping
Banner = berdiri sendiri ditempat khusus, biasanya memanjang ke atas.
Baliho = secara tempat mirip kayak banner, ada tempat khusus tetapi bisa memanjang ke samping atau ke atas, ukuran lebih besar dari banner.


Kalau dalam advertising Spanduk, baliho, banner, Billboard Adalah mengacu Pada ukuran Serta pemasangan ,selain itu hubungan Sewa tempat Dan pajak.  Kalau dalam percetakan yg jadi acuan/*patokan di cetak Di media Apa ? Outdoor Ada : Flexy cina/korut/jejer kauman, back light, duratrans *acuan 1 Lagi mau pakai mesin digital printing Apa (Epson, HP, Roland , Cuna dsb/kalau percetekan Besar banyak mesin) hasil beda tiap mesin *kalau keawetan nya tergantung pengusaha nya main tinta 

Banner

Baliho

Spanduk

Billboard

Umbul-umbul


Neon Box


Para ahli desain berpendapat ttg hasil cetakan... tp tdk ada pemahaman yg sama... jadi gini bedanya....(sebagian teks hilang)


Spanduk landscap jlas outdor dan cirinya tinggiya ga nyampe 1 mtr. Kalo banner bentuke potraet kebanyakan seringe indoor kadang outdor sringnya ada alat bantunya entah x baner ato roll. baliho medianya besar potrait juga kadang landscap biasanya outdor.. umumnya spti itu..


 

Ini contoh banner


yang pasti banner itu bahasa inggris yang artinya spanduk itu yang bener klw yang lain nyampah commentnya


Nah begitulah ramainya tanggapan-tanggapan tentang perbedaan makna spanduk, banner, baliho dan istilah-istilah lain dalam digital printing.. Silahkan sobat ambil kesimpulan sendiri, biar tidak bingung ambil salah satu madzhab yang benar-benar jawabannya logis dan bisa dimengerti.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Perbedaan Istilah Spanduk, Banner dan Baliho Yang Peru Anda Tahu"

Post a Comment