Back To Top

Warga Desa Puteran Melaksanakan Sholat Istisqo

Gokasima.com | Kamis, 26 September 2019 Ratusan orang warga desa Puteran berkumpul di lapang Pasir Kalong untuk melaksanakan Sholat sunat Istisqo. Meskipun pelaksanaan sholat Istisqo dijadwalkan setelah sholat dzuhur, namun warga sudah mulai berdatangan dari pukul 10.30. Teriknya Matahari tidak menyurutkan para warga untuk melaksanakan sholat sunnat Istisqo sebagai upaya do'a agar segera diturunkan hujan.

Selain masyarakat, kegiatan Sholat Sunnat Istisqo juga diikuti pula oleh siswa-siswi tingkat SD s/d SLTP yang ada di lingkungan Desa Puteran antara lain siswa-siswi MTs. Puteran. Pihak sekolah sengaja melibatkan siswa-siswinya dalam kegiatan keagamaan karena merupakan kesempatan agar siswa-siswinya bisa praktek sholat sunat istisqo.

Pelaksanaan sholat istisqo diawali dengan sholat dzuhur berjamaah. Usai sholat dzuhur Panitia Penyelenggara yaitu DKM Al-Abror Desa Puteran menyampaikan waktu pelaksanaan dan kaifiyat sholat sunnat Istisqo. Kaifiyat sholat istisqo ini disampaikan oleh Aj. Iin sebagai ketua MUI Desa. Menurutnya kaifiyat ini perlu disampaikan karena sholat sunnat Istisqo adalah ibadah yang jarang dilakukan. Hukum shalat Istisqo adalah sunnat muakkad yaitu sunnat yang ditetapkan oleh Rasululloh SAW.



Adapun tata cara sholat sunnat istisqo adalah hampir sama dengan kaifiyat sholat sunnat Id. Yaitu pada rakaat pertama takbir sebanyak 7 kali setelah takbirotul ihrom dan pada rakaat ke 2 takbir 5 x, yang diiringi dengan bacaan tasbih tahmid, tahlil.

Meskipun Matahari semakin terik tapi pelaksanaan sholat sunnat istisqo di lapang Pasir Kalong ini tetap khidmat.

 
loading...