Image1

Cara Membuat Label Undangan Otomatis dan Praktis dengan MS Word

Cara Membuat Label Undangan | Label Undangan | Sobat Kasima! Selamat yah.. bagi sobat yang ditakdirkan Alloh untuk nikah pada tahun ini, Sudah buat kartu undangan pernikahan belum? Kalau belum hubungi saja WA 0853-1071-4497 kang Aji atau 085 213 974 463 (Kang Kusnadi) Tim Kasima Grafika Percetakan Digital Printing di Tasikmalaya.


Kartu undangan adalah kertas yang berisi tulisan yang mengharapkan kehadiran orang yang diundang. Kartu Undangan berisi 3 bagian yaitu bagian depan tengah dan belakang. Bagian depan berisi Nama dan Alamat yang akan diundang yaitu Kepada Yth.....  bagian tengah berisi informasi lengkap dari nama kedua mempelai, waktu dan tempat akad dan resepsi pernikahan. Bagian belakang biasanya berisi do'a pernikahan

Nah! Sobat Kasima untuk bagian depan biasanya yaitu Nama dan Alamat yang diundang yang disebut dengan label undangan adalah tugas panitia. Panitia yang mendata sekaligus mengisi label undangan untuk ditempel pada kartu undangan yang sudah siap untuk disebar. Cara membuat label undangan bisa ditulis secara manual menggunakan ballpoint, atau yang paling praktis dengan menggunakan komputer. Membuat label undangan dengan komputer tentu hasilnya lebih bagus, rapi dan cepat. Namun tidak semua orang bisa membuat label undangan dengan komputer karena label yang dicetak memiliki format dan ukuran yang sudah ditentukan, dan setiap merk memiliki ukuran yang berbeda.

 

Untuk itu saya ingin berbagi cara membuat label undangan otomatis dengan komputer, agar sobat bisa membuatnya sendiri dengan bagus, rapi dan cepat.  Label yang digunakan adalah merk Koala 103. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Persiapan Template Label 103
Cara membuat template label 103 dapat menngunakan Ms Word. Gunakan Insert Tabel sesuaikan dengan baris dan kolom yang ada pada label. Ukur jarak margin kiri kanan dan jarak antar label. Kalau bingung silahkan download saja template label No 103 format MS. Word di sini.

2. Buat List Data Undangan di Ms Excel dengan 2 Kolom Nama dan Alamat simpan dengan file alamat di My Document atau di mana saja asal diingat.


3. Buka Templat Label Undangan, Klik di kolom label pertama Gunakan Mail Merge dari Mailing pilih Select Recipients- Use Existing List-Pilih File Alamat yang sudah diisi list data undangan, klik Open.



4. Jika muncul pilihan sheet, pilihlan sheet yang digunakan ketika membuat data list klik Ok
5. Pilih Menu Insert Mail Field, Pilih masukkan nama di atas di dan alamat di bawah teks di


6/ Copy Teks Kolom ke-1 , paste di kolom ke-2, Klik Menu Rules di atas masukkan next record sebelum nama,


7. Copy Semua Tex yang ada pada kolom ke dua dan paste di kolom yang masih kosong sehingga semuanya terisi seperti gambar di bawah ini


8. Tampilkan nama dan alamat dengan mengklik icon preview result


9. Lakukan penyesuaian nama dan alamat, jika kepanjangan bisa dikurangi.
10. Proses pencetakan (Print); masukkan kertas label ke printer dengan posisi label ke bawah, dalam file template klik icon Finish and Merge - Edit Individual Document-All-Ok, cek setiap halaman jika ada alamat yang numpuk atau kepanjangan untuk disesuaikan. Jika sudah fix tekan ctrl + P, kemudian enter, maka proses print akan berlangsung..


Sobat Kasima! Itulah langkah-langkah cara membuat label undangan otomatis dengan menggunakan MS Word. Bagi pemula mungkin menganggapnya ribet, tetapi bagi yang sudah terbiasa ini sangat praktis. Selamat mencoba semoga berhasil.....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Label Undangan Otomatis dan Praktis dengan MS Word"

Post a Comment