Home » » Cara Cek Hardisk Masih Bagus atau Tidak dengan HDD Sentinel

Cara Cek Hardisk Masih Bagus atau Tidak dengan HDD Sentinel

Cara mengecek hardisk laptop atau Notebook masih bagus atau tidak? | Hardisk adalah komponen yang terpenting dalam fungsi laptop yang berhubungan langsung dengan hasil pekerjaan  pengguna notebook atau laptop itu sendiri. Pentingnya hardisk terasa di saat terjadi sesuatu hal yang menimpa notebook kita. Tiba-tiba notebook tidak tampil di layar, atau tidak nyala sama sekali alias mati total. Apa yang dipikirkan di saat seperti itu? Tentu adalah nasib data-data kita dalam hardisk tersebut bukan? Apakah data dalam hardisk kita masih bisa diselamatkan?

Kalau ada file yang sangat mendesak, maka sebelum kita antarkan ke tukang servis, maka kita bisa mengecek terlebih dahulu kondisi hardisknya. Caranya adalah dengan mencopot terlebih dahulu hardisk tersebut dari notebook, kemudian kalau punya PC, pasanglah hardisk tersebut pada PC dalam keadaan mati, atau kalau punya casing hardisk external, pasanglah  hardisk tersebut. Nyalakan komputer, naah kalau kondisi hardisk baik pasti windows berjalan normal dan ada notifikasi found new hardware. Kemudian lihat di Windows Explorer display hardisk drive nya muncul klik drive hardisk data kita dan akan muncul data-data kita kemudian alihkan ke hardisk PC terlebih dahulu kalau datanya besar, atau pakai flashdisk kalau memungkinkan. 


Untuk mengetahui kondisi hardisk lebih pasti apakah masih bagus atau tidak? ada masalah atau tidak? bisa digunakan lagi atau tidak maka lakukanlah pengecekan dengan menggunakan software. Pada kesempatan ini saya akan membahas cara cek hardisk masih bagus atau tidak dengan menggunakan software HDD Sentinel. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :


Pertama, Download dulu software HDD Sentinel di sini kemudian install. Kedua, Jalankan aplikasi nanti akan muncul tampilan hardisk yang terpasang. Kalau kita memasangnya di PC maka akan muncul 2 merk hardisk. Posisi hardisk notebook kita ada di bawah seperti gambar di bawah ini:


Dari keterangan tampilan di atas dapat diketahui kondisi hardisk yang sebenarnya pada keterangan performance dan healty. Data di atas menunjukkan bahwa performance hardisk 100% sedangkan healty 94%. Hal ini berarti bahwa kondisi hardisk sudah kurang baik mengalami bad sector 6%. Namun healty 94% masih termasuk kategori cukup baik karena hardisk masih dapat digunakan untuk Operating Sistem. Hanya saja perlu hati-hati dalam mengamankan data kita kalau hardisk itu dipakai.

Kondisi hardisk masih bagus data akan ditunjukkan dengan performance 100% dan Healty 100%, jika data seperti ini menunjukkan hardisk masih sangat terjamin.
Demikian tips atau cara cek hardisk masih bagus atau tidak dengan menggunakan software HDD Sentinel
Lebih lengkapnya dapat dilihat pada Video Tutorial cara cek hardisk masih bagus atau tidak berikut ini :

Advertisement

loading...
Previous
« Prev Post

0 Komentar:

Post a Comment