LPJ Bantuan Dana Hibah Sarpras GOR.doc

Laporan Penggunaan Dana Bantuan Hibah Sarana Olahraga, Laporan Bantuan Dana Hibah GOR, LPJ Bantuan Hibah, LPJ Bantuan Dana, LPJ Bantun Hibah, LPJ Bantuan GOR

File Proposal LPJ GOR Lengkap.doc dalam MS.Word silahkan Download atau di Sini


KATA PENGANTAR



Alhamdulillahirobiil a’lamiin, segala puji hanya milik Allah yang memiliki alam semesta ini. Rasa syukur senantiasa kami haturkan atas limpahan rahmat dan karunia-Nya terutama nikmat kesehatan, kekuatan sehingga kami dapat menyelesaikan laporan ini.
Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada baginda Rasululloh Muhammad Saw, kepada keluarga, sahabat serta para umatnya yang senantiasa menjalankan sunnahnya sampai yaumul akhir.
Selanjutnya, kami atas nama pengurus Yayasan Pendidikan Islam Ma’had Abu Dzar menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah Provinsi Jawa Barat bilkhusus kepada Bapak Gubernur Jawa Barat yang telah memberikan perhatian khusus kepada Pondok Pesantren kami pada khususunya umumnya Pondok Pesantren yang ada di Jawa Barat dengan bantuan Dana Hibah yang diperuntukkan untuk membangun Sarana Olahraga Yayasan Pendidikan Abu Dzar
Langkah ini tentu adalah langkah yang sangat maju, karena Pesantren selama ini terabaikan dari bantuan pemerintah dibanding lembaga-lembaga lainnya. Padahal Pondok Pesantren merupakan cikal bakal pendidikan yang ada di Indonesia yang terbukti mampu melahirkan manusia yang berkarakter. Tentu dengan bantuan ini bagi Pondok Pesantren merupakan terobosan dan angin segar untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan bagi para santrinya.
Dengan bantuan sarana Gedung Olahraga ini bagi Pondok Pesantren sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan bagi para santri dan juga daya tarik bagi calon santri yang diharapkan mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan di Pondok pesantren.
Oleh karena itu sekali lagi kami menghaturkan beribu-ribu terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, semoga segala amal dan kebaikan dibalas oleh Alloh SWT dengan berlimpahnya rahmat dan berkah bagi Provinsi Jawa Barat menuju masyarakat yang baldatun thoyyibatun warobbun ghafur.


Tasikmalaya, 01 Februari  2016
Ketua Panitia



U. KUSNADI, S.Pd.I



DATA POKOK PENERIMA HIBAH



Jenis Bantuan
:
Hibah
Naskah Perjanjian Hibah
:
029/YPI-AD/V/2015

Judul Kegiatan
:
Pembangunan Sarana Olahraga Yayasan Pendidikan Abu Dzar
Lokasi Kegiatan
:
Desa Pagersari Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat
Karakteristik
:
Pembangunan Fisik
Nama Organisasi
:
Yayasan Pendidikan Islam Ma’had Abu Dzar
Alamat Jalan
:
Kp. Ciseuti Hilir RT. 03/09
            Desa
:
Pagersari
            Kecamatan    
:
Pagerageung
            Kabupaten
:
Tasikmalaya
            Provinsi
:
Jawa Barat
            Kode Pos
:
46158
Alamat Surat
:
YPI Ma’had Abu Dzar, Kp. Ciseuti Hilir RT. 03/09 Desa Pagersari Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat Kode POS 46158
Pengurus
:

            Ketua
:
KH. JEJE TURMUDZI, Lc /UJANG KUSNADI,S.Pd.I
            No HP
:
085223363298/085213974463
            Sekretaris
:
RUSLAN ABDUL MALIK
            No. HP
:


I.       LAPORAN KEGIATAN
  1. Latar Belakang
Memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat merupakan komitmen sejak awal berdirinya Pesantren Abu Dzar. Mendidik umat dengan mengoptimalkan seluruh potensi yang dimilikinya merupakan tahapan menuju terbentuknya suatu generasi ideal yang diinginkan oleh setiap bangsa pada setiap zaman. Dan jika pendidikan ini dibingkai dengan nilai-nilai Islam, maka pendidikan akan terimplementasikan menjadi sebuah proses ke arah terbentuknya cara pandang yang jelas terhadap Islam itu sendiri, sehingga dengan paradigma tersebut berdampak pada terpeliharanya dimensi ruhi, fikri dan jasadi sebagaimana yang diinginkan oleh Islam.
Cita-cita ideal tersebut tentu bukan suatu yang utopia terlebih jika semua pihak terlibat menjadi bagian yang mempersiapkan modal dasar ke arah itu. Paling tidak modal dasar bagi proses ke arah itu terdiri dari :
1.    Konsep Pendidikan (sofware) yang lengkap, sempurna serta applicable (dapat diaplikasikan). Dengan kata lain konsep ini harus memiliki ciri idealita, sebab Islam itu sendiri ideal, bukan konsep awang-awang, Islam adalah realita.
2.    Para Pendidik (Brainware) yang memiliki kematangan dan kedewasaan dalam mengarahkan para peserta (santri) didiknya yang bersifat estapeta sebagaimana yang diajarkan Rasulullah SAW hingga sampai kepada kita hari ini.
3.    Sarana fisik (Hardware) yang menunjang proses pendidikan tersebut.
Jika pengelolaan proses pendidikan berjalan secara baik yang ditunjang dengan sarana-sarana yang memadai, maka diharapkan akan membuahkan hasil pendidikan yang unggul dalam mutu yang kelak dapat berdaya guna bagi proses pendidikan di masa depan. Akan tetapi secara umum kendala yang dihadapi secara umum oleh banyak lembaga pendidikan justru berkaitan dengan ke tiga hal di atas. Lemahnya software, brainware maupun hardware seringkali menjadi faktor utama gagalnya sebuah proses pendidikan. Metode pendidikan yang asal-asalan, lemahnya kemampuan seorang pendidik atau ketidaktersediaan sarana pendidikan menjadi gambaran bagaimana tertatih-tatihnya sebuah lembaga pendidikan berjalan.
Pesantren Abu Dzar menyadari sepenuhnya akan arti penting ketiga faktor diatas. Oleh karena itu dalam mengoperasionalkan program jangka panjangnya, Pesantren Abu Dzar berkeinginan untuk memperbaiki bahkan menambah berbagai kelemahan berkaitan dengan perangkat-perangkat transformasi di atas. Satu hal yang sampai sa’at ini sedang dilakukan adalah pembangunan Sarana Olahraga pondok pesantren dan sarana belajar atau madrasah. Langkah ini merupakan target awal bagi realisasi pengembangan pesantren menjadi sebuah lembaga pendidikan unggul di masa depan. Sudah barang tentu semua ini berpulang kepada atensi dan partisipasi seluruh elemen umat Islam yang berkeinginan turut andil memajukan potensi umat, lebih jauhnya menanamkan saham untuk bekal akhirat kelak.

  1. Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan dari Pembangunan Sarana Olahraga ini adalah :
-       Untuk memberikan sarana Olahraga yang nyaman bagi masyarakat dan para santri di Pondok Pesantren sehingga terpelihara kesehatan jasmaninya untuk menunjang kesehatan rohani.
-       Untuk mempererat tali silaturahim melalui kegiatan perlombaan olahraga.

  1. Ruang Lingkup Kegiatan
Ruang Lingkup Kegiatan ini meliputi pengembangan sarana pondok pesantren, berupa Pembangunan Sarana Olahraga Yayasan Pendidikan Abu Dzar
  1. Realisasi Pelaksanaan Kegiatan
Waktu Pelaksanaan
:
Bulan  Nopember 2015 s/d Februari 2016
Tempat/Lokasi Kegiatan
:
Kp. Ciseuti Hilir RT. 03/09 Desa Pagersari Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat
Jumlah Tenaga Kerja
:
10 Orang
Asal Tenaga Kerja
:
Desa Pagersari
Hasil yang dicapai
:
Terwujudnya Gedung Olahraga




           
  1. Daftar Personalia Pelaksana

KOP SURAT
SURAT  KEPUTUSAN PIMPINAN YPI MA’HAD ABU DZAR
Nomor   : 08/YPI-A/DIV/2015
TENTANG
PENETAPAN PANITIA PELAKSANA
PEMBANGUNAN SARANA OLAHRAGA
Menimbang
:



a.       Bahwa dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan di YPI Ma’had Abu Dzar maka diperlukan sarana Olah Raga  Pondok Pesantren
b.      Bahwa nama-nama yang tercantum dalam lampiran keputusan ini dipandang mampu untuk melaksanakan tugas
Mengingat
:



a.       Belum adanya Bangunan Sarana Olahraga
b.      Bertambahnya Santriwan-Santriwati
MEMUTUSKAN
Menetapkan
:

Pertama
:
Mengangkat yang namanya dalam lampiran keputusan ini sebagai Panitia Pembangunan Sarana Olahraga YPI Ma’had Abu Dzar 
Kedua
:
Tugas Panitia Pelaksana Pembangunan Sarana Olahraga  adalah memilih dan menetapkan, memberi pengarahan kepada pelaksana pembangunan/perencana/pengawas, menggalang dana dari partisipasi masyarakat serta membuat laporan keuangan dan pelaksanaan kegiatan. 
Ketiga
:
Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan dan  berakhir  setelah seluruh kegiatan peiaksanaan Pembangunan Sarana Olahraga Selesai

Kelirna
:
Apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam keputusan  ini maka akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya. 

Ditetapkan di : Pagerageung
Pada tanggal 20  April  2015
Ketua YPI Ma;had Abu Dzar





KH. JEJE TURMUDZI, Lc




Lampiran Surat Keputusan Pimpinan Ypi Ma’had Abu Dzar
Nomor   : 08/YPI-AD/I/2015
I.         Penanggung Jawab          : 1. Pembina Yayasan
                                                  2. Camat Kec. Pagerageung
                                                  3. KUA Kec. Pagerageung
                                                  4. MUI Kec. Pagerageung
                                                  5. Kepala Desa Pagersari
II.      Ketua    Panitia                : U. Kusnadi, S.Pd.I
III.   Sekretaris                         : Ruslan
IV.   Bendahara                        : Hana Bastiyah, S. H. I
V.      Wk. Bendahara                : Khoerunnisa
VI.   Seksi-seksi                       
1.      Humas                        :  1.1. Abdul Fatah
1.2.Gulbudin
1.3.Agis
1.4.Ruslan Abdul Malik

2.      Logistik                      :  2.1. Koko Koswara
2.2.Dadih Kurniawan
2.3.Deris
2.4.Undang
2.5.Dudung
3.      Pembangunan             :  3.1. Nana
3.2. Enco
3.3. Didi
3.4. Emid
3.5. Dani
3.6. Farhan
3.7. Encu
3.8.Agus
3.9.Wahid
3.10.   Misbah

4.      Teknik                        :  4.1. Ir. Andi
4.2.Iman Tanu Wijaya
5.      Keamanan                  :  5.1. Suryana
5.2.Nurdin
6.      Pengawas Keuangan              :  Lukman
7.      Pengawas Pembangunan        :  Opik

  1. Penutup
Demikian laporan yang sederhana ini kami buat sesuai dengan yang sesunggunya,. Adapun kesalahan dan kekurangan dari laporan ini menjadi kewajiban kami untuk memperbaikinya. Oleh karena itu kritik dan saran sangat terbuka untuk perbaikan selanjutnya.
Akhir kata kegiatan Pembangunan Sarana Olahraga ini merupakan salah satu Proyek Dakwah untuk asset yang sangat berharga bagi kelangsungan pendidikan di Pondok Pesantren. Semoga Jawa Barat menjadi Provinsi yang terbaik menuju Negara yang baldatun thoyyibatun warobbun ghafur penurh rahmat dan berkah Alloh SWT. Amiin.




an. PENERIMA BELANJA HIBAH






U.KUSNADI, S.Pd.I.



I.       LAPORAN KEUANGAN

  1. Realisasi Penerimaan Bantuan
Realisasi penerimaan Hibah Tahun 2015 adalah sebesar Rp 500.000.000,- (Lima Ratus Juta Rupiah). Dana bantuan tersebut diterima melalui Rekening Yayasan Pesantren Abu Dzar Nomor : 0007323808100 pada Bank.BJB tanggal : 20 Oktober 2016.


  1. Realiasi Penerimaan dan Penggunaan Dana

Realisasi penerimaan dana hibah Tahun 2015 sebesar Rp 500.000.000. dan penggunaan dananya sebesar Rp. 500.000.000.sehingga terdapat Saldo Dana sebesar Rp. 0

Rincian penerimaan dan penggunaaan dana Tahun 2015 adalah sebagai berikut:

No
Uraian Penggunaan
Anggaran Sesuai Rencana Penggunaan Belanja      (Rp)
Realisasi
% Realisasi
1
2
3
4
5=4/3*100
I.
Pekerjaan Persiapan
                2,500,000
2,500,000

II.
 Pekerjaan Galian dan Urugan
             31,409,375
160,000,000

III.
 Pekerjaan Beton dan Baja
             76,625,000
54.000.000

IV.
Pekerjaan Dinding dan Plesteran
           114,062,500
114,062,500

V.
 Pekerjaan Ubin dan Lantai
             79,825,000
27859375

VI.
 Pekerjaan Kusen Pintu dan Ventilasi
             14,475,000
14,475,000

VII.
 Pekerjaan Atap dan Langit-langit
           149,483,125
149,483,125
0
VIII.
 Pekerjaan Pengecatan
             21,199,000
21,199,000
0
IX
 Pekerjaan Elektrikal
             10,421,000
10,421,000
0

Jumlah
          500,000,000

500,000,000







KETUA PENERIMA BELANJA HIBAH





U. KUSNADI, S.Pd.I
     BENDAHARA PENERIMA BELANJA HIBAH





HANA BASTIYAH, S. HI





III.           Lampiran:

1)    Dokumentasi Kegiatan/Barang
2)    Salinan Naskah Perjanjian Hibah


  

DOKUMENTASI KEGIATAN

File Proposal LPJ GOR Lengkap silahkan Download


Description
: LPJ Bantuan Dana Hibah Sarpras GOR.doc
Rating
: 4.5
Reviewer
: Ujang Kusnadi
ItemReviewed
: LPJ Bantuan Dana Hibah Sarpras GOR.doc
loading...

Iklan Sidebar