Download Spanduk Manasik Haji.cdr

PERAGAAN MANASIK HAJI,  PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan lembaga pendidikan yang berperan meletakkan fondasi utama pada anak-anak sebelum mengenal pendidikan lainnya. Di sini mereka mulai belajar mengenal teman, mengenal huruf, menulis atau membaca. Foundasi inilah yang kelak akan menjadi sebuah  bangunan ketika mereka dewasa. Kuat atau tidaknya bangunan itu tentu tergantung pada kokoh atau tidaknya fondasi. Oleh karena itu jika pendidikan bertujuan untuk membangun manusia yang berkarakter, maka foundasi utama di lembaga PAUD/TK harus sangat kuat. Kejujuran, kesabaran, tanggung jawab, rasa kebersamaan, saling menyayangi, harus diletakkan sebagai foundasi. Karena karakter-karakter tersebut yang akan menjadi bekal kehidupan sepanjang hayat bersama masyarakat.

Download Spanduk Bimbingan Manasik Haji Format CDR

Spanduk Peragaan Manasik Haji.cdr

Spanduk Rombongan Manasik Haji.cdr

Backdrop Acara Manasik Haji PAUD


Spanduk Selamat Datang Peserta Manasik HAJI HIMPAUDI

Banner Rombongan Pelatihan Manasik Haji RA Format CDR

Spanduk Rombongan Manasik Haji TK.cdr

Untuk itu berbagai metode dan strategi pembelajaran banyak dikemas dalam pendidikan anak usia dini,  diantaranya adalah kegiatan “Kegiatan Manasik Haji”. Selintas memang kelihatan hanya kegiatan yang tidak berarti apa-apa bagi anak-anak, karena latihan ini tidak serta merta menjadikan anak mampu melaksanakan ibadah haji. Bahkan anak-anak larut kegembiraannya pada tempat rekreasinya karena biasanya “Manasik Haji” dilaksanakan di tempat hiburan anak. Namun sesungguhnya “Peragaan Manasik Haji” selain mengenalkan praktek ibadah rukun Islam ke lima, juga memiliki unsur pendidikan karakter yang sangat penting sebagai fondasi yang kuat untuk menjadi manusia yang berkarakter.

Pendidikan karakter dari manasik haji adalah : Pertama, karakter religious, yaitu karakter Islami, anak dilatih untuk mencintai agamanya dengan cara mengenal salah satu kewajibannya yaitu pergi Haji ke Baitulloh yang merupakan rukun Islam ke-5.,
Kedua, adalah karakter kesabaran, dengan dihadapkan pada situasi yang hiruk pikuk memaksa anak untuk berlatih kesabaran, anak dilatih untuk tidak menjadi orang yang cengeng, mengeluh dalam situasi apa pun. Ia harus menjalani rangkaian latihan manasik haji sampai selesai.
Ketiga, karakter tertib dan disiplin, rangkaian manasik haji diatur sedemikian rupa agar berlangsung tertib, begitu juga rangkaian peragaan ibadah haji harus tertib berurutan sesuai dengan rukun-rukunnya, Anak-anak dilatih untuk menjadi orang yang disiplin dan tertib, tidak boleh saling mendahului, atau merubah urutan manasik haji.
Keempat, Karakter sosial yaitu kebersamaan, anak-anak dilatih untuk berkumpul bersama dengan teman-teman yang lebih banyak dari teman di sekolahnya dan tidak saling mengenal. Karakter kebersamaan ini adalah karakter ukhuwah Islamiyah (persatuan dan kesatuan Islam), persaudaraan yang dipersatukan dengan adanya manasik haji.

Karakter-karakter tersebut diharapkan melekat pada anak-anak sebagai fondasi yang kokoh yang akan menjadi sebuah bangunan benteng kehidupan yang mampu membentengi mereka dari kemunkaran.  Dengan peragaan manasik haji, diharapkan tertanam rasa cina terhadap Islam, tertanam rasa tanggung jawab atas kewajibannya, tumbuh dan berkembang dengan akhlaqul kariimah seba gai cermin anak sholeh dan sholehah yang siap berbakti pada agama nusa dan bangsa.
Description
: Download Spanduk Manasik Haji.cdr
Rating
: 4.5
Reviewer
: Ujang Kusnadi
ItemReviewed
: Download Spanduk Manasik Haji.cdr
loading...

Iklan Sidebar