Image1

Contoh Proposal BOP TK/PAUD 2017

Proposal BOP PAUD/TK | Proposal Biaya Operasional Pendidikan (BOP) | Proposal Biaya Operasional.doc
Proposal BOP lengkap format Word Silahkan Download

Baca Juga : Contoh Proposal Bantuan APE PAUD/TK 
Baca Juga : Contoh Plang PAUD/TK 

PROPOSAL BIAYA OPERASIONAL PENDIDIKAN (BOP) PAUD/TK


A.    LATAR BELAKANG
Peningkatan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) harus diawali sejak usia dini. Program pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini sebagai sebuah perpaduan antara sarana pendidikan di satu sisi dan pada sisi lain merupakan tempat bermain bagi anak-anak pra sekolah. Upaya ini memiliki peran yang strategis dalam pembentukan kepribadian serta kecerdasan anak sebelum memasuki usia wajib sekolah.
Pendidikan Ariak Usia Dini (PAUD) adalah pendidikan yang ditujukan bagi anak-anak usia Dini antara (3-5) tahun, diselenggarakan pada jalur Pendidikan Non Formal Informal (PNFI) dalam satuan pendidikan anak usia dini Taman Asuh Anak Muslim yang sejenis guna mempersiapkan anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal serta kelak siap memasuki tingkat Pendidikan Dasar/ Sekolah Dasar (SD). Dengan demikian, Pendidikan Anak Usia Dini mempunyai peranan penting dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas sejak Dini. Mengingat pada usia tersebut merupakan usia yang sangat menentukan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya.
Mengingat sangat pentingnya program tersebut, maka diharapkan pendidikan dan perkembangan anak usia dini harus menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dengan masyarakat. Banyak sarana dan prasarana PAUD yang didirikan secara swadaya, baik oleh perorangan (lembaga/ Yayasan) maupun masyarakat. Namun pada tahap pengembangan program PAUD menghadapi banyak kendala terutama mengenai pendanaan program, baik untuk pengadaan sarana maupun prasarana, alat/ sumber belajar ataupun untuk kepentingan biaya operasionalnya.
Peran serta masyarakat dan swasta dalam meningkatkan kualitas dan kwantitas pendidikan adalah merupakan perwujudan dan tujuan pendidikan nasional, sehingga sangat diharapkan oleh pemerintah. Hal ini sejalan dengan semangat otonomi daerah yang termuat dalam Undang-undang No. 22 tahun 1999 tentang Urusan Pendidikan yang diserahkan kepada masyarakat. Akan tetapi, kondisi masyarakat khususnya di Kp. Pagerageung Wetan Ds. Pagerageung Kec. Pagerageung Kab. Tasikmalaya, saat ini belum siap menjalankan amanat dan Undang-undang tersebut, oleh karena itu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)/ KOBER yang dikelola secara swadaya oleh Yayasan Abu Dzar memerlukan penanganan dan dukungan yang memadai dari pemerintah agar program ini dapat berjalan sesuai dengan standar mutu pendidikan yang telah digariskan Undang-undang.
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)/TKIT ABU DZAR merupakan lembaga pendidikan yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat melalui Yayasan telah berjalari selama 5 (lima) tahun. Semenjak dibuka tahun 2004 sampai saat ini belum memiliki alat/sumber belajar, Alat Permainan dalam maupun luar ruangan, perlengkapan kantor (komputer, meja, kursi, lemari, rak dsb), dengan perlengkapan yang memadai diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan memperlancar kegiatan belajar PAUD/ TKIT ABU DZAR.

Proposal BOP lengkap format Word Silahkan Download

B.     TUJUAN
1.      Tujuan Khusus
Dengan adanya Bantuan Operasional bagi TKIT ABU DZAR, maka tujuan yang hendak dicapai adalah:
a)      Memperluas layanan PAUD bagi anak usia (3-6) tahun terutama dari keluarga yang kurang mampu di Kp. Pagerageung Wetan Desa Pagerageung Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya
b)      Meningkatkan kinerja proses kegiatan administrasi sehingga dapat mempercepat kerja pengurus PAUD.
c)      Meningkatkan pelayanan semaksimal mungkin bagi Peserta Didik PAUD serta merangsang minat belajar, menantang kreatifitas sehingga Peserta Didik secara bertahap dilatih untuk mampu memecahkan masalah serta mengatasi kesulitannya sendiri sehingga meningkatkan minat dan semangat belajar warga.
d)     Mengurangi beban biaya pendidikan baik bagi Iembaga/Yayasan Abu Dzar maupun bagi Peserta Didik dan masyarakat
2.      Tujuan Umum:
a)       Mewujudkan Program Pendidikan di masyarakat dalam rangka meningkatkan Program Pembangunan Nasional;
b)      Membangun partisipasi dan tanggung jawab bersama antara masyarakat dengan pemerintah melalui program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
c)      Memperkuat lembaga pendidikan di masyarakat untuk mendukung pola penciptaan dan SDM yang berkualitas dan mandiri sejak usia dini.
d)     Membentuk lembaga PAUD yang handal di masyarakat.

C.    SASARAN/ PESERTA DIDIK
1)      Sasaran kegiatan belajar PAUD adalah anak-anak pra sekolah usia (3-6) tahun dan pra sejahtera sebnyak 37 orang anak didik.
2)      Seluruh lapisan masyarakat di sekitar wilayah kerja PAUD/ TKIT ABU DZAR

D.    LOKASI
Adapun lokasi tempat penyelenggaraan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) TKIT Abu Dzar adalah berlokasi di Kp. Pagerageung Wetan Desa Pagerageung Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikrnalaya didirikan sejak tahun  2004 dengan ijin operasional No.642.113086/Disdik/20 Juli 2008.

E.     JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan harian merupakan rencana (jadwal) yang dilakukan oleh anak dalam satu hari dengan memperhatikan keseimbangan berbagai jenis aktivitas anak yang terdiri dari : 
1)      Persiapan
·         Anak datang dan bermain bebas
·         Tutor menyiapkan kegiatan di sentra
2)      Pembukaan dengan Kelompok Besar (sat lingkaran)
Waktu yang digunakan untuk duduk melingkar berama di atas karpet.
·         Greeting ( salam pembuka)
·         Membaca buku cerita (sesuai tema)
·         Membuat Aturan Sentra (pijakan sebelum main)
·         Guru menjelaskan alat permainan yang disediakan
·         Toilet training
3)      Bermain di Luar Ruangan (selama 30 menit/ sesual kebutuhan anak)
Bermain di luar ruangan tidak hanya berkembangannya kemampuan motorik, tetapi juga mengembangkan kemampuan sosial, emosional, dan intelektual. Anak menggunakan waktu di luar ruang untuk mrencanakan sesuatu bersama (sosial), untuk menarik, mendorong, keseimbangan dan mengangkat (fisik); melempar bola, lari dengan penuh semangat dan berteriak kencang (teknik untuk mengeluarkan perasaan yang kuat); dan untuk mengeksplorasi dan meneliti (intelektual). Bermain di luar dilakukan setelah anak melakukan kegiatan inti.
4)      Aktivitas Sentra (selama 30 menit/ sesual dengan kelompok)
Anak dapat bermain baik secara individual, kelompok kedil maupun kelompok besar dan bahkan secara klasikal.

F.     DAYA DUKUNG .
a)      Yayasan/ Lembaga Penyelenggara
-          Fasilitas sarana dan prasarana (gedung dan halaman) dari pihak pengelola/Yayasan Abu Dzar untuk Sekolah PAUD/ TKIT ABU DZAR
b)      Partisipasi masyarakat
-          Antusias masyarakat di sekitar wilayah Yayasan AI-Muawanah yang sangat besar terhadap pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini;
-          Dukungan dana sumbangan sekarela sebesar Rp. 5000/ bulan rata-rata 20-50%;

G.    TINDAK LANJUT
Memperhatikan besarnya daya dukung terhadap layanan pendidikan anak bagi usia Dini pra sekolah di lingkungan Yayasan Abu Dzar Tindak lanjut tersebut diantaranya:
1.      Memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada guna melaksanakan program pembelajaran PAUD.
3.      Peningkatan Gizi atau PMT (pemberian makanan tambahan) bagi peserta didik;
4.      Melakukan Program Deteksi Tumbuh Kembang dan Kesehatan Anak (DDTK), serta pengadaan obat-obatan ringan dan kotak P3K;
5.      Pengadaan sarana dan media pembelajaran dalam dan luar ruangan;
6.      Koordinasi antar pendidik PAUD melalui  HIMPAUDI Kab. Tasikmalaya.

H.    PENUTUP
Terkabulnya permohonan ini merupakan harapan bersama dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dari pemerintah sangat kami harapkan mengingat keterbatasan kemampuan kami.
Atas dukungan dan terkabulnya, kami ucapkan terima kasih.



Tasikmalaya, 23 Maret  2017
Pengelola TKIT ABU DZAR






AI SYARIPAH, S. Pd.I

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Proposal BOP TK/PAUD 2017"

Post a Comment